Minggu, 10 Maret 2019

MAKANAN KHAS JOGJAKARTA

Makanan dan Kuliner Khas Jogjakarta Terpopuler

1. Gudeg



Sumber Foto : wikipedia

Makanan khas Jogjakarta yang pertama ini pasti tidak terdengar asing, bukan? Siapa yang tidak tahu makanan khas Jogja yang ini. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan khas jogja ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

2. Krecek



Sumber Foto : wikipedia

Nah, makanan khas Jogja berikutnya juga biasa disajikan bersamaan dengan Gudeg, Toppers. Krecek adalah kerupuk kulit yang dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih yang dominan. Banyak orang yang suka memakan Krecek bersama Gudeg karena menghasilkan perpaduan rasa manis pedas yang unik.

3. Bakpia Pathuk



Sumber Foto : wikipedia
bakpia dalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia asal mulanya berasal dari daratan Tiongkok. Bakpia Pathuk adalah salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta Saat ini Bakpia Pathuk sudah menjadi salah satu makanan khas sekaligus oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Ini merupakan salah satu wujud nyata akulturasi budaya Tiongkok dan budaya Jawa, dalam hal ini Yogyakarta.

4. Oseng-oseng Mercon



Sumber Foto : wikipedia

Bagi kalian yang paling suka dengan pedas, kalian wajib mencicipi makanan khas Jogjakarta berikut ini! Oseng-oseng Mercon mendapat namanya karena terkenal sangat pedas, Toppers! Oseng-oseng Mercon adalah daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga memiliki rasa pedas yang khas. Tapi, untuk kalian yang takut pedas, tidak perlu takut. Karena, kamu tetap dapat memesan makanan khas Jogja ini tanpa cabai kok!

6. Sate Klatak


Wah, jika kamu seorang pecinta sate kambing, kamu wajib mencoba Sate Klatak, Toppers! Sate Klatak masuk ke dalam daftar makanan khas Jogjakarta yang paling enak dan wajib dicoba. Keunikan dari Sate Klatak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit berbeda dari sate kambing biasa, dan biasa ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera.
baner Maret Mantap

7. Sate dan Tongseng Petir



Sumber Foto : wikipedia

Makanan khas Jogja yang unik ini berada di Ringroad selatan dan sering dijadikan tujuan utama bagi pecinta masakan pedas! Sate dan Tongseng Petir menyuguhkan seporsi sate dan tongseng kambing yang dicampur dengan bumbu pedas khas yang enak banget, Toppers!. Wajib untuk dicoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah FastFood

Saat membayangkan makanan cepat saji atau fast food, pikiran kita pasti akan tertuju pada burger. Namun, awal mula makanan cepat saji ...